Hasil Survei SSI, Jubir Agus-TBL Sebut Nurdin Abdullah Mulai Panik

Bakal Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

Bakal Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Hasil survei yang dirilis Script Survei Indonesia (SSI) yang menempatkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) teratas, ditanggapi oleh juru bicara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL), Andry Arief Bulu.

Menurutnya keluarnya hasil survei itu menandakan Nurdin Abdullah mulai panik.

” Ini mengindikasikan kepanikan, tidak percaya diri lagi, mungkin karena sudah stagnan dan malah turun,”ujar Andry, Minggu 20 Mei 2018.

Andry mengungkapkan, beredarnya hasil survei Pilgub dalam beberapa hari terakhir merupakan hal biasa. Karena hasilnya berbeda-beda dan mereka saling memgklaim silih berganti.

Padahal daerah dan populasi surveinya tetap. Ironisnya surveyor nya merupakan anggota tim pemenangan.

“Kam di tim Agus-Tanribali tidak terpengaruh apapun hasil yang dirilis itu,  karena kami punya tim riset sendiri yang bekerja secara professional, kredibel, dan hasilnya kita lihat nanti pada tanggal 27 Juni 2018,”katanya.

Untuk diketahui hasil survei yang dirilis oleh SSI, Sabtu 19 Mei di Hotel Myko kemarin menempatkan elektabilitas Prof. Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) mencapai hingga 33,78 persen.

“Di urutan kedua itu pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar sebanyak 26,34 persen. Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar sebesar 19,51 persen, dan paling terakhir itu pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo dengan raihan 5,61 persen,” kata Direktur Eksekutif SSI Yuhardin.

Ia menambahkan, berdasarkan pemetaan 11 daerah pemilihan untuk DPRD Sulsel. Pasangan Prof Andalan unggul di 6 Dapil yaitu Dapil 1 (Makassar I) 33,75 persen, Dapil 2 (Makassar II) 38,00 persen, Dapil 4 (Selayar, Bantaeng, Jeneponto) 64, 29 persen dan Dapil 5 (Bulukumba, Sinjai) 50,00 persen.

Sementara Dapil 10 (Toraja, Toraja Utara) 42,50 persen. Untuk Dapil 9 (Pinrang, Sidrap, Enrekang) Prof Andalan memiliki dukungan seri dengan NH-Aziz. Keduanya memiliki dukungan yang sama yaitu 25,56 persen.

Sementara Dapil 10 (Toraja, Toraja Utara) 42,50 persen. Untuk Dapil 9 (Pinrang, Sidrap, Enrekang) Prof Andalan memiliki dukungan seri dengan NH-Aziz. Keduanya memiliki dukungan yang sama yaitu 25,56 persen.

Adapun  pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) unggul di kandang sendiri yakni Dapil 3 (Takalar, Gowa) 46, 00 persen.

Untuk diketahui, metodelogi survei dengan 820 sampel yang tersebar dan diacak secara proporsional di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan 5 Mei hingga 17 Mei 2018 lalu.(**)