14 Calon Komisioner KPU Sulsel Ikut Fit and Proper Test

Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting,

Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting,

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  14 Calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti tahapan Fit and Proper Test yang merupakan seleksi tahap akhir di Hotel Clarion Makassar, Kamis 19 April 2018.

Dua komisioner KPU RI hadir sebagai tim seleksi yaitu Ilham Saputra dan Evi Novida Ginting. Adapun pertanyaan yang menjadi pokok materi yang diujikan yaitu terkait kepemiluan, wawasan kebangsaan, pemahaman terhadap tugas dan tanggungjawab sebagai komisioner KPU, serta hal-hal yang dianggap sebagai kewajiban dan menunjang kinerjanya sebagi komisioner.

Evi Novida Giting, mengatakan beberapa pertanyaan juga di angkat berdasarkan keluhan masyarakat yang ditemukan sebelumnya untuk dilakukan perbaikan kedepannya.

“Kita kan saat ini sedang menghadapi Pilgub ya, kalau Sulsel. beberapa hal juga yang menjadi tanggapan masyarakat, masukan-masukan yang didapat dari prosess timsel dan prosess-proses sebelumnya, dan semua hasil juga diserahkan ke kita,” jelas Komisioner KPU RI ini, usai melakukan Fit and Proper Test.

Saat ditanya terkait peluang untuk lolos bagi petahana atau anggota KPU yang akan menyelesaikan masa jabatannya pada 24 Mei 2018 mendatang, dan mencalonkan diri kembali, Evi tidak banyak berkomentar.

“Kita tunggu sajalah ya! Jangan pancing-pancing. Kita tunggu saja hasil tesnya,” ucapnya.

14 calon komisioner KPU Sulsel yang memiliki latar belakang yang berbeda, tentu memiliki potensi yang berbeda pula. Pertanyaan yag diajukan utntuk tiap calon pasti berbeda sesi dengan bidangnya. Evi mengatakan keputusan akhir akan diketahui usai rapat pleno tingkat KPU RI

“Kami berdua disinikan hanya melakukan Fit and Proper Test, dan semua proses itu direkam. Kami hanya memberikan penilaian dan tentu saja nanti keputusan ada dirapat pleno KPU RI, dan proses tahapan ini masih Fit and Proper Test, belum membahan dan melaporkan hasilnya. Kemudian akan diputuskan bersama dalam rapat pleno dan tentu nanti kita akan umumkan,”tutur Evi.

“Tentu kami mempertimbangkan segala hal, terkait kesiapan untuk menghadapi Pilgub yang sudah dekat, Pemilu yang berjalan. Pasti kami banyak pertimbangan untuk hal itu. dan mudah-mudahan kami juga dengan kewenangan yang kami miliki, kami bisa memanfaatkan kewenangan itu untuk mendapatkan KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang tentu bisa membantu kerja-kerja KPU kedepannya,” dia menambahkan.

Sementara, salah satu calon Komisioner KPU Sulsel, Zainal Ruma, mengatakan pertanyaan yang diajukan menyangkut pemahamannya sebagai Anggota KPU di Kabupaten Gowa.

“Untuk saya sendiri, kebanyakan ditanyakan menyangkut hal-hal yang dilakukan selama menjabat sebagai Ketua KPU Gowa. Timsel menggali inovasi yang telah kita lakukan. Nilai jual, hal yang bermanfaat bagi KPU. Dan apa yang dilakukan jika terpilih nantinya,” ucap Ketua KPU Kabupaten Gowa itu.

Pengalaman sebagai sebagai komisioner KPU di Kabupaten Gowa menjadi tolak ukur bagi Zainal untuk meningkatkan KInerja KPU kedepannya.

“Apalagi kalau saya, tidak akan terlalu sulit menghadapi situasi yang sangat dinamis. Karena untuk di Kabupaten Gowa, di Sulsel ini sangat dinamis,” ujarnya.

Ia mengaku, “Kalau kita bisa menghadapi persoalan di Kabupaten yang dinamis, insyaallah persoalan di kabupaten atau daerah lain itu bisa di atasi,”katanya. (**)