Pengamat Sarankan Calon Gubernur Gunakan Ide Kreatif Gaet 300 Pemilih Pemula

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Lukman Irwan menyarankan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan menggunakan cara kreatif dalam menggaet pemilih pemula yang diprediksi mencapai 300 orang.

“Pemilih pemula berbeda dengan pemilih lainnya. Kelompok ini harus didekati dengan cara-cara lebih kreatif,”ujar Lukman ketika dihubungi Djournalist.com, Selasa 17 April 2018.

Ia menjelaskan, ide kreatif yang dimaksud berupa sosialisasi melalui media sosial. Sebab mereka merupakan pemilih milineal. Tentunya yang bersifat positif.

“Sisi bagusnya pemilih pemula ini tidak mudah dimobilisasi oleh paslon begitupun dengan elit politik. Tapi kelemahannya mudah emosional bila issu yang merebak seperti ujaran kebencian,’katanya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil Dalsik dan KB Sulawesi Selatan Sukarniaty mengatakan jumlah pemilih pemula di Pilgub Sulsel mencapai 300-an dari jumlah DPS 5,9 Juta orang.

Pihaknya sudah melakukan perekaman e-KTP dari sekolah-sekolah untuk dimasukkan dalam daftar penduduk potensial pemilu (DP4).

“Angkanya sekitar 300-an orang,”ujar Sukarniaty dikantor KPU Sulawesi Selatan, Jalan AP. Pettarani, Senin 16 April 2018.(**)