Pakar: Program Barakka Lebih Baik dari Pammase

Beda kekuatan pasangan Barakka di Pilkada Wajo di warung kopi Dottoro Jalan Boulevard

Bedah kekuatan pasangan Barakka di Pilkada Wajo di warung kopi Dottoro. Jalan Boulevard

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Tawaran program kerja pasangan calon bupati dan wakil bupati dr Baso Rahmanuddin Makkaraka-KH Anwar Sadat (Barakka) mendapatkan pujian dari pakar politik. Program Barakka dinilai lebih baik daripada rivalnya, Amran Mahmud-H Amran (Pammase).

Opini ini mengemuka dalam diskusi bertema Bedah Kekuatan Pasangan Barakka di Pilkada Wajo yang digelar Poros Pemuda Indonesia (PPI) Sulsel dan Grup Whatsapp Political School, Rabu 14 Maret 2018 di Warkop 212 Boulevard, Makassar.

“Dari segi kuantitas program Barakka sudah unggul karena lebih banyak progran yang ditawarkan kepada masyarakat. Kekurangan 10 program yang ditawarkan Pammase adalah karena menggunakan angka-angka yang sifatnya debatable. Sementara 17 program yang ditawarkan Barakka sifatnya general sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan ke depan bila terpilih. Kesimpulannya, masih lebih baik program Barakka yang umum tapi mengakomodir semua kebutuhan masyarakat daripada program Pammase,” kata Dekan FISIP Universitas Bosowa, Dr Arief Wicaksono yang menjadi narasumber.

Sementara pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Makassar,
Arqam Azikin menyarankan agar Barakka dan Pammase menambahkan program kerjanya agar menyentuh tiga segmen yang selama ini terlupakan.

“Kedua paslon ini harus ada program tambahan, minimal 3 program yang bisa menarik pemilih yang masih abu-abu. Yang pertama adalah belum ada program di segmen kesehatan yang terbilang tangguh. Kedua belum ada program yang mendekati segmen pemuda. Dan yang terakhir adalah tidak ada program yang menarik di segmen olahraga,” saran Arqam.

Selain dihadiri dua pakar politik, diskusi Ngobrol Pilkada tersebut juga menghadirkan Tim Strategi Barakka Harmansyah dan Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir sebagai narasumber.(**)