KPU Tetap Gunakan Lapangan Hertasning dan BTP untuk Kampanye Cagub Sulsel

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan masih gunakan lapangan Hertasning dan BTP sebagai tempat kampanye akbar bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan. Itu merujuk pada rekomendasi dari KPU Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga saat Wali Kota Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto menjabat.

“KPU Makassar sudah tetapkan dua lokasi yaitu BTP dan Hertasning,”ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat KPU Sulawesi Selatan, Asrar Marlang ketika dihubungi, Jumat 9 Maret 2018.

Ia juga meminta Pemerintah Kota Makassar melakukan koordinasi bila terjadi perubahan penggunaan lapangan tersebut. Karena surat yang masuk ke KPU Sulawesi Selatan, hanya dua lapangan tersebut yang bisa digunakan. Sementara lapangan karebosi tidak termasuk.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Syamsu Rizal memperbolehkan lapangan karebosi digunakan bagi empat kandidat yang bertarung di Pilgub Sulawesi Selatan.Yaitu Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar.

“Saya sudah ketemu dengan KPU Sulsel dan Bawaslu. Silahkan saja kalau mau digunakan. Sisa KPU Sulsel yang memutuskan,”ujar Deng Ical sapaan Syamsu Rizal pekan lalu.

Sementara itu, komisioner KPU Sulawesi Selatan Faisal Amir menuturkan, penggunaan lapangan dan jadwal kampanye akbar bukan sesuatu masalah yang perlu diributkan. Menurut dia, banyak hal penting dari pada ini.

“Dalam Undang-Undang Pemilu, kampanye akbar para calon diberikan izinnya sehari sebelum kampanye. Artinya masih lama dan masih banyak waktu,”katanya.

Namun demikian, dalam waktu dekat akan kembali koordinasi dengan KPU Makassar dan liasion officer (LO) pasangan calon terkait jadwal dan penggunaan lapangan untuk di Kota Makassar.

“Bisa saja senin pekan depan saya koordinasi kembali dengan KPU Makassar,”ucapnya.

Daftar lapangan yang akan digunakan saat kampanye akbar

Daftar lapangan yang akan digunakan saat kampanye akbar

Sebelumnya, KPU Sulawesi Selatan merilis lokasi lapangan yang akan digunakan dalam kampanye akbar di 24 daerah pada bulan Juni mendatang. Tetapi lapangan yang akan digunakan untuk di Makassar tak ada dalam daftar tersebut. (**)