PPP Jadi Penentu Agus-TBL Terdaftar di KPU Sulsel

Agus Arifin Nu'mang bersama Tanribali Lamo saat melakukan jumpa pers.

Agus Arifin Nu'mang bersama Tanribali Lamo saat melakukan jumpa pers.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan akhirnya memutuskan paket Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) resmi terdaftar sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan. Itu setelah Partai Persatuan Pembangunan mampu mencukupkan perolehan kursi pasangan ini untuk maju di pemilihan tersebut.

“Setelah kami menghitung syarat pencalonan ini mencapai 19 kursi. Sementara syarat untuk bisa maju yakni 17 kursi dari 85 kursi di DPRD Sulawesi Selatan,”ujar Ketua KPU Sulawesi Selatan Iqbal Latief, Rabu malam 10 Januari 2018.

Dengan rincian, Gerindra 11, PBB 1, dan PPP 7 kursi. “Kami sudah melakukan video call dengan DPP PPP. Tak ada masalah. Pasangan ini sah,”dia menambahkan.

Penetapan Agus-TBL terdaftar di KPU untuk maju di pemilihan ini berakhir pukul 19.28 WITA.Ucapan dari Iqbal pun disambut dengan senyum sumringah oleh pasangan ini begitupun dengan relawan yang berada diluar. Pasalnya, Agus sebelumnya disangsikan gagal maju setelah kesulitan mendapatkan partai pendukung.

Meski dinyatakan layak maju, tapi KPU memberikan beberapa syarat untuk melengkapi berkas calonnya. Diantaranya tidak adalam keadaan vailid perusahaannya bila ada perusahaan yang digeluti.

“Kami beri batas waktu hingga pukul 24.00 WITA malam ini.Tapi ini tidak menggugurkan,”beber Iqbal

Sementara itu, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, dengan keluarnya putusan bahwa pasangan ini resmi terdaftar ia pun akan melakukan konsolidasii tim nya. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada partai koalisinya terutama PPP.

“Kami mohon doanya. Izinkan kami maju di pemilihan ini,”katanya. (**)