2018 Jumlah Komisioner KPUD Sulsel Bertambah Menjadi Tujuh

Kabag Humas KPUD Sulsel

Kabag Humas KPUD Sulsel.

MAKASSAR, DJOURNALIST. com-Kepala Bagian Humas DPRD Sulawesi Selatan Asrar Marlan mengungkapkan bahwa masa jabatan komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Selatan segera berakhir pada 24 Mei 2018 mendatang. Dari lima komisioner yang ada nantinya akan bertambah.

“Di tahun 2018 jumlah komisioner KPUD Sulsel tidak lagi lima tapi bertambah tiga. Jadi totalnya tujuh orang, “ujar Asrar, Minggu 31 Desember 2017.

Penambahan jumlah komisioner itu diatur dalam lampiran Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Januari 2018 kami mulai menyusun tim seleksi sebab masa jabatan mereka segera berakhir, “tutur Asrar.

Menurutnya, lima komisioner ini masih berpeluang untuk maju kembali. Sebab baru satu periode menjabat. Sementara dalam aturan pemilihan umum komisioner KPU tidak diperbolehkan maju ditingkat yang sama bila sudah menjabat dua periode.

“Mereka masih bisa maju,”ucap Asrar.

Asar menjamin, meski masa jabatan mereka segera berakhir tapi itu tidak mengganggu masa tahapan pilkada 2018.Sebab mereka masih bertugas sementara pemilihan digelar pada bulan Juni.

Sementara ditingkat kanupaten dan kota justru sebaliknya mengalami pengurangan. Tadi nya berjumlah lima komisioner dikerucutkan menjadi tiga komisioner. Kecuali Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Bone, dan Wajo.

“Empat daerah itu tetap lima komisionernya. Yang lain dikerucutkan menjadi tiga, “katanya.

Pengurangan jumlah komisioner itu terjadi berdasarkan jumlah pemilihnya.Dimana empat daerah tersebut memiliki jumlah pemilih yang cukup besar. Sehingga tidak dilakukan pengurangan. (**)